Tips Usaha Franchise Siomay – Seseorang yang ingin mencoba hal baru, seperti berbisnis pasti akan merasa kebingungan saat ingin menentukan bisnis seperti apa yang paling cocok, salah satunya seperti Franchise Siomay. Alih-alih anda merasa bingung jenis bisnis seperti apa, franchise juga bisa menjadi pilihan tepat. Walau mungkin terlihat mudah, faktanya bisnis franchise sendiri juga sama dengan bisnis lainnya yang ada di Indonesia. Bisnis di bidang franchise merupakan usaha kerjasama dalam membuka bisnis dengan merek atau nama dagang dari produk serta bahan atau material yang sudah ada sebelumnya.

Dalam berbisnis sangat dibutuhkan niat matang sebelum anda bisa memulainya. Hal tersebut bisa dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan di masa depan saat bisnis sudah mulai berjalan. Jika anda tidak berhati-hati, maka usaha franchise yang ada jalankan bisa berujung pada kebangkrutan. Nah, akan lebih baik jika calon pengusaha yang ingin terjun ke dunia franchise sebagai salah satu pilihannya, harus bisa menentukan cara dan risiko yang mungkin bisa terjadi. Supaya anda terhindar dari kesalahan dalam memilih bisnis franchise, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti.

 

Analisis risiko usaha franchise

Seperti yang anda tahu jika setiap bisnis pasti mempunyai resiko, sama halnya dengan franchise siomay. Tetapi bisnis yang baik mempunyai risiko yang lebih kecil. Sebelum anda mulai memutuskan untuk membeli bisnis franchise di Indonesia, anda bisa perhatikan tingkat kegagalan, terlebih lagi yang menyangkut dengan franchise baru. Anda bisa lihat perkembangannya dan kegagalannya di daerah lainnya. Jika bisnis franchise mengalami kegagalan sekitar 20 persen atau lebih, maka anda harus waspada dan menggali informasi lebih banyak lagi sebelum bisa mengambil keputusan.

 

Artikel Lain nya : 

 

Hindari bisnis franchise yang hanya mempunyai satu produk

Jika hanya mempunyai satu produk saja artinya anda akan menjadi tergantung dengan produk tersebut dan tidak mempunyai alternatif lain untuk memenangkan persaingan bisnis. Terlebih lagi jika produk tersebut akhirnya mempunyai banyak saingan atau masyarakat sudah mulai bosan dengan produk tersebut, bisa dipastikan jika bisnis anda juga bisa mengalami kemunduran di kemudian harinya. Tips Usaha Franchise Siomay

 

Hindari bisnis franchise yang menggunakan banyak karyawan

Jika anda hanya mempunyai modal atau dana terbatas, maka akan lebih baik jika anda bisa tidak memilih franchise yang membutuhkan banyak karyawan karena anda berarti harus membayar upahnya. Sebuah usaha atau bisnis yang membutuhkan banyak karyawan berarti akan membutuhkan biaya lebih banyak. Selain itu, bisnis tersebut biasanya juga rentan dengan masalah human error. Hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah jika anda mempunyai bagian pengelolaan SDM yang baik. Namun jika masih pemula, lebih baik jika anda memilih bisnis franchise sederhana yang membutuhkan lebih sedikit karyawan.

 

Belajar tentang sistem keuangannya

Franchisor yang baik dan bisa bersikap profesional, biasanya selalu memberikan laporan keuangan dan perkembangan bisnis secara benar. Laporan keuangan yang baik biasanya mampu menunjukkan tingkat kesuksesan dan kesehatan bisnis tersebut. Laporan keuangan dan perkembangan bisnis anda bisa membantu menilai risiko bisnis yang anda jalani. Anda bisa indari bisnis franchise yang tidak memberikan informasi tentang keuangan secara rinci.

 

Perhatikan besarnya royalti

Besarnya royalti setiap bisnis memang sangat beragam, hal tersebut sangat bergantung dari jenis bisnis franchise yang anda jalankan. Biasanya sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa mempunyai franchise fee yang lebih besar berkisar 50 persen dari total nilai investasi tersebut, karena bisnis tersebut biasanya tidak menuntut adanya kepemilikan yang mahal, namun lebih menekankan pada keterampilan atau skill sehingga membuat nilai investasi lebih kecil. Sedangkan franchise yang bernilai investasi besar, biasanya menuntut royalty fee lebih kecil supaya tidak membebani investor yang membeli franchise. Jangan sampai tergiur dengan harga murah saja, anda juga harus baca baik-baik aturannya terlebih dahulu.

Kesimpulannya, apapun bisnis yang anda pilih nantinya seperti franchise siomay, pastikan bahwa anda mengetahui resikonya untuk menghindari adanya kegagalan di masa depan. Setelah anda bisa mulai stabil dalam menjalankan franchise, jangan lupa jika anda harus menyisihkan keuntungan yang didapatkan dan melakukan pengelolaan sistem keuangan yang baik.

 

Lihat paket kami yang lain : 

 

Call Now
WhatsApp